Jumat, 26 Oktober 2012

Nyilir gabah, Angin membantu petani membersihkan Gabah.


Nyeler Gabah, sebuah kegiatan yang biasa di lakukan oleh para petani wanita. Nyiler gabah ini di lakukan untuk membersihkan Padi dengan kotoran seperti padi gabok ( padi yang tidak berisi karena kutrang air ), daun padi ataupun batang padi yang tersisa di padi. Saat panen padi langsung di jemur hingga kering namun kebanyakan petani sebelum padi di simpan di lumbung padi, akan di Siliragar bersih. Padi yang di simpan di lumbung padi untuk di konsumsi saat paceklik tiba harus di siler dulu agar bersih. Padi di silir sebelum di simpan atau di giling agar tidak terlalu banyak menyimpan sampah.

Musim kemarau merupakan musim paceklik dimana tanaman padi kebanyakan hasil panen padi kurang bagus. Karena kurang air sehingga banyak padi yang tidak menghasilkan padi melainkan hanya sekem (kulit beras). Nyilir dilakukan hanya dengan menggunakan tempe ( tempayan dari bambu). Sejak dahulu untuk membersihkan padi atau beras selalu menggunakan Tempe ( tempayan anyaman bambu). Nyiler di lakukan dengan bantuan angin alam yang berhembus. Dalam perkembangannya Nyiler di lakukan dengan bantuan angin dari sebuah alat Kipas angin besar. Nyilir dilakukan agar padi kering merata saat di jemur dan gabah bersih dari kotoran daun padi.

Penggunaan alat bantu Kipasuntuk nyiler hanya di lakukan saat musim penghujan karena pada musim penghujan. Seringnya hujan turun membuat padi sulit kering, sehingga perlu di siler agar cepat kering dan tidak terkena air hujan saat nyilir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar