Selasa, 11 September 2012

Pasuruan Go Organik 2012

Pasuruan Go Organik 2012


Pasuruan merupakan kawasan pedesaan dengan sebagian besar wilayahnya merupakan daerah pertanian. Pada tahun 2012 ini Pihak pertanian pasuruan mencanangkan untuk Pasuruan Go Organik 2012. Pencanangan ini di laksanakan bergantian di setiap daerah. Mulai dari bulan Juli para kelompok tani di pedesaan Prigen mulai di lakukan sosialisasi untuk menggunakan Pupuk Organik. Pupuk Organik dijual dengan harga Rp 5.000 perkarung dengan di antarkan kerumah masing-masing petani. Sistem pemasaran pupuk organik ini adalag Pre Order. Setiap warga yang ingin membeli Pupuk Organik di minta untuk memesan terlebih dahulu dan tidak di batasi jumlah pemesanan setiap warganya.

Bagi warga yang tidak mengetahui sosialisasi ini dapat melakukan pemesanan menyusul dan untuk warga yang telah mendaftar dan ingin menambah jumlah pupuk tidak di layani. Kendala yang di hadapi antara penyelenggara Pasuruan Go Organik 2012 antara lain :

  • Masyarakat kebanyakan tidak tahu membutuhkan berapa karung pupuk untuk lahan mereka.
  • Masyarakat memiliki lahan persawahan kurang dari satu hektar, sedangkan takaran adalah perhektar.
  • Kebanyakan petani tidak mengetahui pasti luas dari lahan mereka, maka dari itu selama ini para petani tidak memiliki ukuran baku dalam memberikan pupuk ataupun pestisida.
  • Sosialisasi pemakaian pupuk Organik di lakukan pada akhir bulan agustus, sehingga petani yang telah terlanjur membeli hanya satu karung, tidak dapat membeli kembali yang lebih banyak.
  • Sebagian masyarakat enggan membeli karena di kandang mereka juga banyak kotoran sapi untuk pupuk kandang.
Kita tinggalkan kendala tersebut walaupun terdapat kekecewaan sebagian masyarakat yang terlanjur membeli dengan jumlah kecil tidak sesuai dengan lahan yang mereka miliki. Semoga ini merupakan awal dari kemajuan pertanian Pasuruan.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. postingannya sangat menarik dan unik,salam kenal dr wong pasuruan jg

    BalasHapus