Selasa, 25 September 2012

Pramuka dan berkema tingkat SD se Pandaan



Pramuka merupakan kepanjangan dari Praja muda karana. Sebuah kegiatan yang di adakan setiap dua tahun sekali ini di adakan pada tanggal 21 september sampai 23 september 2012. Kali ini kegiatan ini lakukan di Lapangan desa Melaten kecamatan Pandaan. Setiap sekolah akan di wakili oleh 15 anak untuk menjalani kegiatan selama tiga hari tersebut. Pihak sekolah juga kesulitan dalam memilih murid, karena semua murid menginginkan untuk ikut karena di adakan hanya dua tahun sekali.

SDN Sumber gedang 2 Pandaan misalnya. Di putuskan bahwa yang mengikuti kegiatan Pramuka ini adalah kelas enam dan kelas lima. Setiap hari kamis sore di lakukan pelatihan pramuka oleh guru sukwan Bu Thoifah dan Bpk Remu hasudi. Tidak jarang anak-anak ini mengorbankan kegiatan les ataupun mengajinya untuk mengikuti pelatihan Pramuka. Tapi ternyata anak yang boleh mengikuti kegiatan ini hanya 15 anak saja. Seungguh di sayangkan dan menimbulkan kekecewaan di hati anak-anak kelas lima dan kelas enam yang telah melakukan pelatihan sebelumnya.

Anak-anak ini kesemuanya ingin mengikutinya. Untuk anak yang kelas enam ingin ikut karana saat mereka kelas 5, tidak di laksanakan kegiatan Pramuka se Kecamatan pandaan ini. Anak kelas lima juga demikian, mereka kesemuanya ingin ikut karena saat mereka kelas enam kegiatan ini tidak ada. Pilihan yang sulit dan lebih di persulit dengan pihak sekolah memberi keputusan sepihak. Pelatih Pramuka SDN Sumbergedang Pasuruan ini adalah Ibu Thoifah dan Bpk Remu Hasudi, namun saat melakukan pemilihan anak yang mengikuti kegiatan, pelatih Pramuka tidak di libatkan sama sekali.

Keputusan sekolah yang hanya sepihak ini juga di sayangkan oleh para pelatih Pramuka. Kekecewaan para pelatih Pramuka ini di karenakan pihak sekolah dalam memilih anak yang mengikuti kegiatan ini tidak bertanya kepada Pelatih Pramuka. Akibat keputusan pihak sekolah adalah :
  • anak-anak yang di ikut sertakan kegiatan ini adalah justru anak-anak yang kurang aktif mengikuti pelatihan.
  • Anak-anak yang tidak di ikutkan kegiatan ini dan selalu aktif mengikuti pelatihan protes kepada Pelatih Pramuka.
  • Wali murid juga mempertanyakan kinerja pelatih Pramuka yang di nilai tidak bisa menilai anak yang aktif dengan anak yang kurang aktif.
  • Kekecewaan pelatih Pramuka terhadap pihak sekolah yang sepihak.
  • Pelatih Pramuka dinilai tidak bisa menjalankan tugas sebagai Pelatih karena setiap kegiatan yang berhubungan dengan Pramuka, pelatih justru tidak tahu dan tidak di libatkan oleh pihak sekolah.
Perselisihan selalu ada setiap ada kepentingan di dalamnya. Terlepas dari itu kegiatan duatahunan ini berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan yang di awali dengan pendirian tenda pada hari Jum'at tanggal 21 september 2012. Kegiatan mencari jejak oleh para peserta di lakukan hari sabtu tanggal 22 September 2012 dan terakhir di tutup dengan pentas seni hari sabtu malam. Hari minggu tanggal 23 September merupakan waktu untuk merusak tenda dan kembali ke sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar